NURUL NURALIYAH. NIM: 1001115079. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XII SMAN 2 Cikarang Pusat. Skripsi. Jakarta FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2014.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan untuk memperoleh data tentang hasil belajar geografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XII di SMAN 2 Cikarang Pusat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simpel random sampling dengan cara dibagi 2 kelas atau kelompok secara acak sederhana dari 4 kelas XII yaitu kelas XII-3 dan XII-1. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yang akan diberikan perlakuan odel pembelejaran koperatif tipe STAD dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol sebanayak 30 siswa yang akan diberikan perlakuan metode konfensional (ceramah).
Hasil penelitian didapat bahwa ada pengaruh model pembelajarn kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XII SMAN 2 Cikarang Pusat. Ho7,37. Hasil al ini dibuktikan dengan hasil belajar yang menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta didapat mean (rata-rata) adalah 74,37.Hasil belajar tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kompetensi dasar menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta didapat mean (rata-rata) adalah 58,33. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperati lebih besar dari pada haisl belajar yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Uji hipotesis menunjukan bahwa 86,7hitungt dengan tabelt= 2,000 taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan 58, yang menunjukan t hitung > tabel t
, maka Ho ditolak hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan hasil belajar geografi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada siswa kelas XII IPS SMAN 2 Cikarang Pusat. Dengan kata lain ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XII SMAN 2 Cikarang Pusat. Belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kompetensi dasar lokasi industri dan pertanian dengan pemanfaatan peta dengan yang tidak mengguanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dalam kompetensi dapat dismpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memnerikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar geografi.
|