Keberhasilan proses pembelajaran sebagai proses pendidikan di suatu sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang dimaksud misalnya guru, siswa, kurikulum, lingkungan sosial, dan lain-lain. Namun dari faktor-faktor itu, guru dan siswa merupakan faktor terpenting. Pentingnya faktor guru dan siswa tersebut dapat dituntut melalui pemahaman hakikat strategi pembelajaran, yakni sebagai usaha sadar guru untuk membantu siswa agar dapat menumbuhkan minatnya dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perbandingan antara Strategi PembelajaranLearning Start With A QuestiondanInformation Searchterhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika SDN Tengah 01 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tengah 01 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014 – 2015.
Populasi penelitian ini berjumlah 68 siswa yang terdiri dari, kelas eksperimen 1 berjumlah 36 siswa dan kelas eksperimen 2 berjumlah 32 siswa. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan
metode quasi eksperimen. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Uji validitas dengan Korelasi Point Biserial di dapat 30 soal yang valid dan 10
soal tidak valid (drop). Uji reliabilitas r୲ୟୠୣ୪(0.901062>0.361) untuk α=0.05demngaakna, Kd-aRpat20disdiimdappualkt anr୦୧୲b୳a୬hw>a
instrumen tersebut reliabel dan dapat dipergunakan sebagai alat ukur tes hasil
belajar. Uji normalitas menggunakan uji chi kuadrat. Untuk kelas eksperimen 1
didapat χ2
hitung = 3,42 <χ2
tabel (0,95 ; 3) = 7,81, sedangkan kelas eksperimen 2 χ2
hitung =
7,39 <χ2
tabel (0,95 ; 3) = 7,81. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel
berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung =
1,033 < Ftabel (α = 0,05) = 2,315, maka H0 diterima, artinya kedua kelompok data
mempunyai varians yang sama atau homogen. Perolehan nilai kelas eksperimen 1
untuk rata – rata sebesar = 65,72 dan perolehan nilai kelas eksperimen 2 untuk
rata – rata sebesar =80,71 Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung =
4,767 > ttabel (α = 0,05) = 1,998 dan ttabel (α = 0,01) = 2,656, maka H0 ditolak, oleh karena
itu, hasil penelitian ini menyimpukan bahwa terdapat perbandingan antara Strategi
PembelajaranLearning Start With A QuestiondanInformation Searchterhadap
hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran Matematika SDN Tengah 01 Pagi.
|