Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan metode dramatic learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi Jakarta Timur di kelas V pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diteliti sebanyak 73 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode dramatic learning dan 38 siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan pilihan jawaban yang telah diuji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 25 soal yang valid dan 15 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan KR-20 = rhitung 1,039 > rtabel 0,316, maka instrumen reliabel. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) hasil thitung adalah 8.556 dan ttabel adalah 1.996 dengan tingkat signifikan α = 0,05, tingkat kebebasan (dk) = 71 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh metode dramatic learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Kelapa Dua Wetan 03 Pagi Jakarta Timur. Dengan hasil rata-rata metode dramatic learning (86,32) lebih tinggi dibandingkan dengan metode ceramah hasil rata-rata (67,92).
|