Abstrak  Kembali
HALIMAH TUSYADIAH. NIM: 1001115076. Pengaruh penerapan metode diskusi dan resitasi terhadap hasil belajar geografi kompetensi dasar menganalisis prinsip- prinsip dasar peta dan pemetaan pada siswa kelas XII IPS SMAN 2 Cikarang Pusat. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi dan resitasi pada siswa kelas XII IPS SMAN 2 Cikarang Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan cara dibagi 2 kelas atau kelompok. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa yang akan diberi perlakuan metode diskusi dan resitasi dan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa yang akan diberi metode ceramah. Hasil analisis mengungkapkan, uji normalitas hasil belajar IPS menggunakan uji Chi Kuadrat. Pada kelompok yang menggunakan metode diskusi dan resitasi X2Hitung= 4,58 dan kelompok yang tidak menggunakan metode diskusi dan resitasi X2Hitung =2,83 X2 tabel pada α = 0,05 dan n= 30 baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok control adalah 11,070. Karena pada dua kelompok X2Hitung < X2 tabel maka dapat disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas sebelum perlakuan uji F dengan data diambil dari nilai hasil belajar menganalisis prinsip- prinsip dasar peta dan pemetaan f Hitung = 1,09 dan f tabel = 1,85 menunjukan bahwa f Hitung < f tabel pada α =0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut= 29 maka data kedua kelompok homogen. Uji hipotesis menggunakan uji –t diperoleh t hitung = 8,99 pada α=0,05 dan dk= 58, t tabel 2,00 karena t hitung > t tabel (8,99 > 2,00) maka ada perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan metode diskusi dan resitasi dengan yang tidak menggunakan metode diskusi dan resitasi. Sehingga metode pembelajaran diskusi dan resitasi mempengaruhi hasil belajar geografi. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata- rata hasil belajar siswa kelas XII IPS yang menggunakan metode diskusi dan resitasi lebih tinggi dibandingkan kelas XII IPS yang tidak menggunakan metode diskusi dan resitasi. Rata – rata kelas XII IPS yang menggunakan metode diskusi dan reritasi sebesar 76,23 sedangkan rata- rata yang tidak menggunakan metode diskusi dan resitasi 58,96.