Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empirik ada atau
tidaknya perbedaan penggunaan metode pembelajaran fishbowl dengan metode pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Petukangan Selatan 08 Petang Jakarta Selatan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Petukangan Selatan 08 Petang Jakarta
Selatan pada tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperiment. Jumlah populasi sebanyak 70 siswa yaitu siswa kelas fishbowl dan TGT sedangkan jumlah sampel sebanyak 70. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrument berupa tes obyektif pilihan ganda 30 soal dengan 4 pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus point biserial. Koefisien reliabilitas tes 0,835 ini dihitung dengan rumus KR-20. Uji hipotesis menggunakan tabel uji- t. diperoleh = 3,808 selanjutnya dibandingkan dengan dengan dk = + – 2 = 35 + 35 – 2 =
68, dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka diperoleh
1,997. Dari hasil
yang didapat = 3,808 > 1,997 Dari analisis data tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan pada penggunaan metode pembelajaran fishbowl dengan metode
pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Petukangan Selatan 08 Petang Jakarta Selatan
|