Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dan strategi pembelajaran Information Search pada siswa kelas IV di SDN Cakung Timur 04 Pagi Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dang menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen, yaitu dengan membedakan 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok Eksperimen 1 dan kelompok Eksperimen 2. Kelompok Eksperimen 1 dengan sampel 40 siswa menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dan kelompok Eksperimen 2 dengan sampel 40 siswa menggunakan strategi pembelajaran Information Search. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diujicobakan kepada 36 siswa kelas IV di SDN Cakung Timur 06 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPS siswa dengan rumus Point Biserial didapat 28 butir soal yang valid dan reliabel. Hasil data yang didapat sebagai berikut: 1) Uji Normalitas dengan menggunakan Uji Liliefors yaitu Lhitung=0,131<0,140=Ltabel untuk kelompok eksperimen 1 dan Lhitung=0,119<0,140=Ltabel untuk kelompok eksperimen 2 (Normal); 2) Uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher yaitu Fhitung = 1,548<1,695 = Ftabel (Homogen); 3) Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, didapat thitung=4,11>1,994=ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question dengan Information Search di SDN Cakung Timur 04 Pagi Jakarta Timur.