Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Tipe Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V di SDN Pondok Kopi 04 Pagi.Metode penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment penelitian ini dilakukan di SDN Pondok Kopi 04 Pagi, kelas V semester II Tahun Ajaran 2014-2015.Populasi pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dan sampel penelitian ini meliputi 70 siswa yang berasal dari kelas VA dan VB di SDN Pondok Kopi 04 Pagi. Instrument berupa tes obyektif 25 soal dengan 4 pilihan jawaban.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Validitas tes dihitung dengan korelasi point biserial. Koefisien realibilitas dihitung dengan rumus KR-20. Uji Normalitas tes menggunakan Uji Liliefors.Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0.0736 < 0.1499 Ltabel dan kelas kontrol diperoleh Lhitung0.0766 < 0.1499Ltabel berarti hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berdistribusi normal. Uji Homogenitas hasil tes menggunakan UjiFisher. DiperolehFhitung 1.10 < 1.77 Ftabeldengan taraf signifikasi α = 0.05 dengan dk pembilang = 34 dan dk penyebut = 34 maka disimpulkan bahwa kedua kelompok sampel homogen. Hasil perhitunganUji Hipotesis menggunakan Uji-T, diperoleh hasil Thitung = 7.853 > 1.671 pada taraf signifikasi α = 0.05 dan dk = 68 maka Ho ditolak. Dari data yang sudah di dapat seperti yang dicantumkan diatas dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat Pengaruh Hasil Belajar IPA dari siswa yang belajar dengan Tipe Pembelajaran Mind Mapping dan Siswa yang belajar dengan tidak menggunakan Tipe Pembelajaran Mind Mapping di Kelas V SDN Pondok Kopi 04 Pagi