Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Perbedaan Penggunaan Antara Time Token dengan Take and Give Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Keagungan 05 Pagi Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Validitas tes dihitung menggunakan point biserial sebanyak 30 soal dan soal valid 20. Instrumen berupa tes Pilihan Ganda 20 soal. Reliabilitas tes dihitung dengan rumus KR-20. Hasil penelitian dari uji normalitas hasil belajar siswa kelas eksperimen I dengan menggunakan model Time Token diperoleh Lhitung < Ltabel yakni0,1069< 0,1617pada taraf nyata α = 0,05 dengan n = 30, sedangkan hasil uji normalitas hasil belajar siswa kelas Eksperimen II dengan menggunakan model Take and Give diperoleh Lhitung< Ltabel yaitu 0,1264< 0,1617pada taraf nyata α = 0,05 dengan n = 30, maka kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher yaitu diperoleh Fhitung = 1,38 dan Ftabel = 1,85 dengan d. k. pembilang = 29 dan d. k. penyebut = 29 dan taraf signifikansi α = 0,05. Karena Fo 2,0021, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dari data yang sudah didapat seperti yang dicantumkan di atas, dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat Perbedaan Penggunaan Antara Time Token dengan Take and Give Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Keagungan 05 Pagi Jakarta