Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh
Model Pembelajaran MEA (Mean And Analysis) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas
V SDN Ceger 02 Pagi. Variabel bebas (X) yaitu Model Pembelajaran MEA dan
variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar IPS. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Mean And Analysis) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas 5 SDN Ceger 02 Pagi.
Penelitian ini dilakukan di Kelas VB SDN Ceger 02 Pagi Semester II
Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas VB yang
berjumlah 33, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel Purposive
Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-experimental,
dengan desain “One – Group Pretest-Posttest Design”. Instrumen penelitian
berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan
jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point
biserial. Koefisien reliabilitas tes 0,797 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder
dan Richardson).
Pengujian normalitas dilakukan dengan uji Lilliefors. Dari hasil
perhitungan diperoleh harga Lhitung untuk hasil Pre-test sebesar 0,0906. Sedangkan
pengujian untuk hasil Post-test diperoleh harga Lhitung sebesar 0,1469. Harga Ltabel
pada taraf signifikan α = 0, 05 untuk n = 33 adalah 0,1542, karena Lhitung pada
kedua hasil pengujian diatas lebih kecil dari pada Ltabel, maka dapat disimpulkan
bahwa data hasil Pre-test berdistribusi normal (Lhitung = 0,0906 < 0,1542 = Ltabel)
dan Post-test juga berdistribusi normal (Lhitung = 0,1469 < 0,1542 = Ltabel). Uji
homogenitas dilakukan dengan uji fisher. Dari hasil pengujian diperoleh Fhitung =
1,016 Ftabel = 1,804 dan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang = 32 dan dk
penyebut = 32. Karena Fhitung tidak melebihi Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa
varians kedua kelompok homogen
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil perhitungan dengan
menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,389 sedangkan ttabel = 1,998 pada taraf
signifikan = 0,05 dengan derajat kebebasan adalah 64. Berarti thitung > ttabel, hal ini
menyatakan H1 diterima Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh model
pembelajaran MEA terhadap hasil belajar IPS kelas V. Dengan thitung = 5,389
berarti memiliki pengaruh yang cukup signifikan.
|