Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Mean And Analysis) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Ceger 02 Pagi. Variabel bebas (X) yaitu Model Pembelajaran MEA dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar IPS. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Mean And Analysis) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas 5 SDN Ceger 02 Pagi. Penelitian ini dilakukan di Kelas VB SDN Ceger 02 Pagi Semester II Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini meliputi siswa kelas VB yang berjumlah 33, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-experimental, dengan desain “One – Group Pretest-Posttest Design”. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point biserial. Koefisien reliabilitas tes 0,797 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson). Pengujian normalitas dilakukan dengan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan diperoleh harga Lhitung untuk hasil Pre-test sebesar 0,0906. Sedangkan pengujian untuk hasil Post-test diperoleh harga Lhitung sebesar 0,1469. Harga Ltabel pada taraf signifikan α = 0, 05 untuk n = 33 adalah 0,1542, karena Lhitung pada kedua hasil pengujian diatas lebih kecil dari pada Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa data hasil Pre-test berdistribusi normal (Lhitung = 0,0906 < 0,1542 = Ltabel) dan Post-test juga berdistribusi normal (Lhitung = 0,1469 < 0,1542 = Ltabel). Uji homogenitas dilakukan dengan uji fisher. Dari hasil pengujian diperoleh Fhitung = 1,016 Ftabel = 1,804 dan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang = 32 dan dk penyebut = 32. Karena Fhitung tidak melebihi Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelompok homogen Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 5,389 sedangkan ttabel = 1,998 pada taraf signifikan  = 0,05 dengan derajat kebebasan adalah 64. Berarti thitung > ttabel, hal ini menyatakan H1 diterima Ho ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran MEA terhadap hasil belajar IPS kelas V. Dengan thitung = 5,389 berarti memiliki pengaruh yang cukup signifikan.