Abstrak  Kembali
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN BARU 01 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di SDN BARU 01 Pagi Jakarta Timur, kelas V pada bulan Januari 2014 semester II tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN BARU 01 Pagi. Sampel dipilih menggunakan metode smpling jenuh, dengan demikian sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 38 orang dan siswa kelas VB yang berjumlah 37 orang dengan jumlah total keseluruhan 75 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dengan bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa selain responden, dan dari hasil ujicoba diperoleh 30 butir soal yang valid dari 40 soal dengan rumus perhitungan taraf kesukaran dan rumus perhitungan daya pembeda. Untuk pengujian reabilitas tes diperoleh dengan taraf signifikan 1% sehingga instrumen penelitian ini dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan. Uji normalitas tes menggunakan uji Chi-Kuadrat, pada hasil posttest kelas eksperimen diperoleh X2hitung = 6,82 X2tabel = 11,34 sedangkan hasil posttest kelas kontrol diperoleh X2hitung = 6,08 X2tabel = 11,34 maka dapat disimpulkan data kedua hasil belajar IPA siswa berdistribusi normal. Uji homogenitas dilakukan dengan Uji-Fisher, dari hasil pengujian diperoleh Fhitung = 1,15 < F0,01 (37/36) = 2,19 pada taraf signifikan 1% dengan dk pembilang 37 da dk penyebut 36, maka dapat disimpulkan bahwa kedua varian tersebut bervariansi. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung>t0,99(73)atau 3,85 > , maka dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan dengan Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V di SDN Baru 01 Pagi Jakarta Timur.