Abstrak  Kembali
AHMAD BAIDOWI. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Konsep Ekologi. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA terhadap konsep Ekologi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus B FKIP UHAMKA pada bulan April-September tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi UHAMKA angkatan 2014 yang berjumlah 101 orang mahasiswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, artinya seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda dengan teknik CRI yang dilengkapi dengan skala keyakinan dan angket/kuisioner tentang faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 40% mahasiswa mengalami miskonsepsi, sebanyak 19% mahasiswa tahu konsep dan sebanyak 41% mahasiswa tidak tahu konsep ekologi. Mahasiswa mengalami miskonsepsi paling tinggi, yaitu sebesar 43% pada konsep satuan dan komponen ekosistem serta pada konsep interaksi antarkomponen ekosistem. Kemudian, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi pada mahasiswa pendidikan biologi, diantaranya: faktor mahasiswa itu sendiri khususnya pemikiran asosiatif, pemahaman parsial/salah, tahap perkebangan kognitif dan minat belajar, kondisi kelas, kejelasan artikulasi/suara pengajar, kejelasan buku teks biologi serta metode mengajar yang digunakan.