Peneltian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Contextual Teaching And Learning (CTL) di kelas II SD Negeri Cakung Barat 02 Pagi, Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning). Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Negeri Cakung Barat 02 Pagi dengan jumlah siswa 34 yang terdiri dari laki-laki 20 orang dan perempuan 14 orang. Pencapaian keberhasilan dari setiap tindakan yang dilakukan pada kegiatan pembelajaran IPA di kelas II SD Negeri Cakung Barat 02 Pagi dapat dilihat dari hasil yang dicapai dari proses pengamatan harus mencapai 100%, serta dianggap berhasil, apabila siklus yang dilaksanakan menunjukan peningkatan nilai hasil belajar pada mata pelajaran IPA dari kriteria ketuntasan mencapai 65 atau lebih. Jika mayoritas 75% atau lebih dapat mencapai hasil belajar yang telah diteapkan sesuai target, berarti kriteria keberhasilan telah tercapai.
Tindakan dalam penelitian dianggap berhasil dalam siklus tindakan menunjukan peningkatan mutu kemampuan siswa pada pembelajaran IPA tentang Energi Dan Perubahannya mencapai 65 atau lebih. Jika mayoritas 75% atau lebih dapat mencapai hasil belajar yang telah diteapkan sesuai target, berarti kriteria keberhasilan telah tercapai. Target keberhasilan ini ditetapkan berdasarkan standar ketuntasan belajar IPA yang ditetapkan di SD Negeri Cakung Barat 02 Pagi.
Hasil belajar IPA siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) rata-rata 56,76 dengan prosentase 76,47% belum mencapai KKM dan 23,53% sudah mencapai KKM. Perolehan nilai pada siklus I rata-rata 64,41 dengan prosentase 41,18% belum mencapai KKM dan 58,82% sudah mencapai KKM, dengan nilai yang terendah 45 dan nilai yang tertinggi 90. Sedangkan pada siklus yang ke II rata-rata 74,12 dengan prosentase 0% belum mencapai KKM dan 100% sudah mencapai KKM, dengan nilai yang terendah 65 dan nilai yang tertinggi 90.
Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatan hasil belajar IPA di kelas II SD Negeri Cakung Barat 02 Pagi, Kecamatan Cakung Jakarta Timur.
|