Penelitian ini bertujuan untuk perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita pendek antara model pembelajaran dramatic learning dengan model pembelajaran explicit instruction. Penelitian ini dilakukan di SDN Lubang Buaya 04 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V-A sebanyak 41 siswa menggunakan model pembelajaran dramatic learning yang seluruhnya diteliti dan kelas V–B sebanyak 41 siswa menggunakan model explicit instruction di SDN Lubang Buaya 04 Pagi yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh .
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif Eksperimen dengan Pendekatan“Quasi Eksperimen” dengan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrument di SDN Cengkareng Barat 15 Pagi yang berjumlah 32 siswa.
Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji
normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji
Fisher. Pada kelas yang menggunakan model pembelajaran dramatic learning,
pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1119 dan kelas yang menggunakan model explicit instruction didapat Lhitung = 0,0841 dengan Ltabel = 0,1384, karena pada kedua kelompok Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,16 dengan Ftabel = 1,69, karena Fhitung < Ftabel, maka dapat disimpulkan variansi kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homegen. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,167 ttabel = 1,9934 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak.
Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran dramatic learning dengan model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi cerita pendek siswa kelas v sdn lubang buaya 04 pagi jakarta timur.
|