Abstrak  Kembali
Yayuk Susanti. Pengaruh Ketatausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di SMA Negeri 40 Jakarta Utara. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ketatausahaan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di SMA Negeri 40 Jakarta Utara sekaligus memberikan informasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 40 Jakarta Utara yang terletak di Jalan Budi Mulya Raya Jakarta Utara. Lokasi penelitian ini dipilih karena memiliki standar mutu pendidikan yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik Simple Random Sampling. Adapun populasi yang diteliti sebanyak 153 orang. Pengambilan sampel menggunakan rumus Taro Yamane, maka dapat diambil sebanyak 60 responden. Didalam pengolahan dan analisis data uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, untuk data penelitian, pengolahan dan analisis data menggunakan statistic deskriptif, pengajuan persyaratan analisis dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara ketatausahaan terhadap kualitas layanan, yang dibuktikan dengan harga rhitung 0,638535 dan thitung 6,318 lebih besar ttabel 1,671. Sumbangan relative yang diberikan ketatausahaan terhadap kualitas layanan sebesar 40,772% dibulatkan menjadi 41% dan sisanya 59% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian ketatausahaan SMAN 40 Jakarta Utara sebaiknya harus menjalin komunikasi yang efektif terhadap pengguna jasa layanan ketatausahaan sehingga dapat meningkatkan mutu layanan yang baik bagi sekolah maupun pengguna jasa layanan ketatausahaan di SMAN 40 Jakarta Utara.