Abstrak  Kembali
TIA NUR PRAHATIWI. NIM: 1101105048. Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan Di SLB Negeri Bekasi Jaya. SKRIPSI. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kinerja Tenaga Kependidikan di SLB Negeri Bekasi Jaya yang meliputi hasil pekerjaan Tenaga Kependidikan Tata Usaha dan Guru. Analisis KinerjaTenaga kependidikan dapat diketahui dari Hasil dan perilaku kerja yang meliputi; Hasil kerja, Pengetahuan pekerjaan, Sikap, Kreativitas, dan Disiplin / waktu. Sedangkan mengenai Hak Tenaga Kependidikan dan kewajiban sekolah meliputi; keleluasaan, motivasi, penghasilan dan kewajiban. Dalam kegiatan kinerja yang dilakukan oleh tenaga kependidikan tata usaha dan guru dapat memberikan kontribusi yang baik serta serta mencapai target kerja Tenaga Kependidikan tata usaha dan guru yang secara organisasi sasaran kerjanya ada di Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Program Kerja dan Realisasi Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Pegawai Negeri Sipil Tenaga Kependidikan yang tepatnya ada pada bagian Guru dan Tata Usaha. Data – data yang dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian data –data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis data model Miles dan Huberman. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dalam kinerja yang dilakukan oleh tenaga kependidikan guru dan tata usaha dapat diketahui dari Hasil dan perilaku kerja yang meliputi; Hasil kerja, Pengetahuan pekerjaan, Sikap, Kreativitas, dan Disiplin / waktu. Sedangkan mengenai Hak Tenaga Kependidikan dan kewajiban sekolah meliputi; keleluasaan, motivasi, penghasilan dan kewajiban. Dalam kinerja tenaga kependidikan yang telah dilakukan peneliti mengamati dan menilai bahwa kinerja yang sudah dilakukan oleh tenaga kependidikan di SLB Negeri Bekasi Jaya sudah bagus dikarenakan adanya sasaran kerja organisasi yaitu Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Program Kerja tahun 2015 dan Realisasi Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil (SKP) tahun 2015. Dengan demikian setelah melakukan observasi langsung pada Tenaga Kependidikan Tata Usaha dan Guru di SLB Negeri Bekasi Jaya maka peneliti memberikan saran hendaknya tenaga kependidikan tata usaha dan guru dapat lebih meningkatkan kinerja dengan cara mengikuti dan melaksanakan berbagai macam pelatihan – pelatihan khusus yang berbasis kinerja, program kerja dan sebagainya yang diselenggarakan oleh sekolah ataupun dinas pemerintahan. Dimana hasil dari keiikutsertaan tenaga kependidikan tersebut, ilmu dan kompetensi yang didapatkan oleh pegawainya akan berdampak positif bagi organisasi dan diaplikasikan dalam menyelesaikan tupoksinya.