Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Motivasi Belajar PKn dengan menggunakan Model Student Facilitator And Explaining pada kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif dengan metode quasi eksperimen. Pengambilan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sampling jenuh. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil nilai rapor PKn (x) dan hasil angket motivasi belajar (y) sebanyak 25 pernyataan dengan empat pilihan yang telah diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Uji t pada taraf signifikan α = 0.05. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data dengan uni normalitas yaitu dengan uji liliefors. Hasil penelitian bahwa dari pengujian normalitas untuk data hasil nilai rapor PKn (Varibel X) di peroleh Lhitung 0,12< Ltabel 0,1566 dan untuk data motivasi belajar (Variabel Y) diperoleh Lhitung 0,041 < Ltabel 0,1566, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Setelah pengujian normalitas dilanjutkan uji hipotesis dengan analisis product moment dari perhitungan diperoleh rhitung 0,481dengankan rtabel adalah 0,361 yang berarti H1 diterima.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Model Student facilitator and explaining memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar Pkn siswa kelas IV SDN Rambutan 03 Pagi Jakarta Timur
|