Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode Stop Think Do. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Pengaruh Penggunaan Metode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 21 Tanjung Pandan Belitung semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil menggunakan sampel jenuh dengan mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Rata–rata dari kelas eksperimen VA yaitu 81,9, sedangkan rata-rata dari kelas kontrol VB yaitu 67,73. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan di SDN 33 Tanjungpandan Belitung kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 25 soal valid dari 30 soal, sedangkan uji reabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel atau 0,865 > 0,361, maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis,dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat Lhitung < Ltabel atau 0,1207 < 0,161 dan kelas kontrol Lhitung < Ltabel atau 0,1546 < 0,161 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,658 < 1,858 dengan taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, maka disimpulkan varians kedua kelas sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 6,231 > 1,679 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 - 2 = 30 + 30 - 2 = 58, maka H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara merode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 21 Tanjungpandan Belitung