Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
hasil belajar Bahasa Indonesia siswa yang diajar dengan metode Stop Think Do.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: “Pengaruh Penggunaan
Metode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia Kelas V SDN 21 Tanjung Pandan Belitung semester genap tahun
pelajaran 2013/2014. Sampel diambil menggunakan sampel jenuh dengan
mengambil sebanyak 60 siswa dari populasi sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 2
kelas.
Rata–rata dari kelas eksperimen VA yaitu 81,9, sedangkan rata-rata dari
kelas kontrol VB yaitu 67,73. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji cobakan
di SDN 33 Tanjungpandan Belitung kepada 30 siswa. Uji validitas instrumen
dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 25 soal valid dari 30 soal,
sedangkan uji reabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel atau 0,865 >
0,361, maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis,dilakukan uji persyaratan
yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan
uji fisher. Pada kelas eksperimen pengujian normalitas didapat Lhitung < Ltabel atau
0,1207 < 0,161 dan kelas kontrol Lhitung < Ltabel atau 0,1546 < 0,161 dengan taraf
signifikansi α = 0,05 dan n = 30, maka disimpulkan data kedua kelompok
berdistribusi normal.
Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,658 < 1,858 dengan
taraf signifikansi α = 0,05, dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, maka
disimpulkan varians kedua kelas sama, berarti sampel berasal dari populasi yang
homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel atau 6,231 >
1,679 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 - 2 =
30 + 30 - 2 = 58, maka H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara merode Stop Think Do Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 21 Tanjungpandan Belitung
|