Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas II SDN Klender 22 Pagi Jakarta Timur. Variabel bebas (X) yaitu Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Model Pembelajaran Picture And Picture dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar PKn. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat Perbedaan Model Pembelajaran Examples Non Examples dan Picture And Picture Terhadapt Hasil Belajar Pkn”.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Klender 22 Pagi Jakatra Timur tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Klender 22 Pagi Jakarta Timur sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh, diperoleh sampel penelitian 2 kelas yang terdiri dari siswa kelas IIA dan IIB.
Uji coba instrumen dilakukan di SDN Cakung Barat 07 Pagi Jakarta Timur kepada 28 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 21 soal valid dari 40 soal yang diujikan, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung 0,842 >0,374 = rtabel, maka instrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Kelas 𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸1 uji normalitas didapat Lhitung = 0,1376 < 0,1610 = Ltabel dan Kelas 𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸𝐸2 Lhitung = 0,141 < 0,1610 = Ltabel dengan taraf signifikansi 𝛼𝛼=0,05 dan n = 30 maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homogenitas didapat Fhitung= 1,212 < 1,858 = Ftabeldengan taraf signifikansi 𝛼𝛼=0,05 dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29, maka disimpulkan varians kedua kelas sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,356 > 1,671 = ttabel pada taraf signifikansi 𝛼𝛼=0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58, maka H0 ditolak yang berarti terdapat Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Example Non Examples dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas II SDN Klender 22 Pagi Jakarta Timur.
|