Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari penggunaan Teknik Pembelajaran Information Search Terhadap Hasil Belajar PKn kelas IV. Penelitian ini dilaksakan di SDN Duri Kosambi 06 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 70 siswa terbagi atas dua kelas yaitu kelas IV A berjumlah 35 siswa dan kelas V C berjumlah 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasi deskriptif kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan degradasi linier diperoleh varian kelas eksperimen 18,31 dan varian kontrol 18,95, dan hasil perhitungan uji homogenitas didapat Fhitung < Ftabel (1,035 < 1,776). pengajuan hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan didapat thitung > ttabel (3,239 > 1,997), yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan Teknik Pembelajaran Information Search Terhadap Hasil Belajar PKn kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Jakarta Barat
|