Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III SDN Jati Cempaka III Pondok Gede Kota Bekasi pada semester II tahun ajaran 2015-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes obyektif pilihan ganda. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu di uji coba yaitu menggunakan uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial yang di uji 40 soal dan didapat 30 soal valid, dan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel (0,893 > 0,361), maka instrumen dinyatakan reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas mengguakan uji lilliefors Dari perhitungan normalitas di kelas III A (kontrol) Lhitung < Ltabel (0,084 < 0,156) ∂ = 0,05 dan n = 30, sedangkan di kelas III B (eksperimen) Lhitung < Ltabel (0,108 < 0,151) ∂ = 0,05 dan n = 33, maka dengan demikian populasi distribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji fisher menunjukan bahwa diperoleh Fhitung < Ftabel (1,047 < 1,88) dengan taraf signifikan ∂ = 0,05 dk pembilang = 32 dan dk penyebut = 29, Fhitung maka populasi mempunyai varian yang sama/homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t yang diperoleh thitung sebesar 4,89 dan ttabel sebesar 1,999. Karena thitung > ttabel yaitu (4,89 > 1,999) dengan taraf signifikan ∂ = 0,05 dk = 61, maka HO ditolak HI diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III SDN Jati Cempaka III Pondok Gede Kota Bekasi.