Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model instructional games terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pengasinan II Bekasi, kelas IV semester II tahun ajaran 2014/2015. Metode yang peneliti gunakan adalah True Experimental Design. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas ekperimen dan 30 siswa kelas control. Instrument penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 30 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas dihitung dengan menggunakan rumus korelasi biserial. Uji normalitas hasil belajar IPS siswa menggunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok yang menggunakan model instructional games di peroleh harga Lhitung untuk kelas eksperimen sebesar 0,122. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol diperoleh harga Lhitung sebesar 0,074 . Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 30 adalah 0,161, karena Lhitung pada kedua hasil pengujian diatas lebih kecil dari Ltabel (0,161). Maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar IPS siswa menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung = 1,505 < F0,05(29,29) = 1,858. Karena Fhitung < F0,05(29,29) maka dapat disimpulkan bahwa sampel kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kondisi homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung =3,216 > ttabel(0,05) = 2,045 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model instructional games terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pengasinan II Bekasi.