Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Word Square. Penelitian ini di SDN Ciracas 11 Jakarta, pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penilitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment. Instrumen tes dalam penelitian berupa tes pokok bahasan “ Sumber Daya Alam” yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat, kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh thitung= 6,97 dengan taraf signifikan 𝛼=0,01 dan n=30 dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Word Square diperoleh thitung= 4,82 dengan taraf signifikan 𝛼=0,01 dan n=30. Kedua kelompok tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh fhitung= 1,23 dan ftabel= 2,42 dengan taraf signifikan 𝛼=0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29. Karena fhitung< ftabel, maka penelitian ini dapat disimpukan bahwa kedua varians tersebut homogen, hasil pengujian hipotesis ternyata thitung=2,189> ttabel=1,689 maka H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Snowball Throwing dan model pembelajaran Word Square terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ciracas 11 Jakarta. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dari kelas IV A dan IV B. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas IV A dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan 30 siswa kelas IV B dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus.