Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empirik ada atau tidaknya perbedaan Metode Numbered Head Together Dengan Metode Giving Question And Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Lente Ciracas 07 Pagi Jakarta Tmur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode koasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan III B di SDN Ciracas 07 Pagi Jakarta Timur . Sampel yang digunakan sebanyak 70 siswa dari kelas III A sebanyak 35 siswa dan kelas III B sebanyak 35 siswa, sampel yang digunakan sampel jenuh atau semua populasi akan dijadikan sampel. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 30 siswa selain responden, dan hasil uji coba diperoleh 25 butir soal tes hasil belajar IPS yang valid dari 40 butir soal dengan rumus point biserial correlation. Untuk pengujian reliabilitas tes dengan rumus K-R 20 di peroleh 𝑟𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔=0,928 > 0,361= 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sehingga instrumen penelitian ini dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan. Uji normalitas menggunakan uji lilliefors dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 35. Kelas yang menggunakan metode Numbered Head Together diperoleh 𝐿𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,0992 < 0,1497 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dan kelas yang menggunakan metode Giving Question And Getting Answer diperoleh 𝐿𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,0915 < 0,149 = 𝐿𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji fisher dengan taraf signifikan α = 0,05, dk pembilang dan dk penyebut = 34 diperoleh 𝐹𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,067 < 1,776 = 𝐹𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 , maka dapat disimpulkan varians kedua kelas adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, dan derajat kebebasan (dk) = 68 diperoleh 𝑡𝑕𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 2,770 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = 1,999, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji t yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan metode pembelajaran Numbered Head Together dan Giving Question And Getting Anwer terhadap Hail Belajar kelas III SDN Ciracas 07 Pagi