Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh strategi PAILKEM terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 8 subtema 1 di Sekolah Dasar Islam Al- Azhar 20 Cibubur Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Sampel penelitian ini berjumlah 29 siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel sederhana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi ekperimen dengan desain satu kelompok atau satu kelas (One-Group Pretest-Posttest desaign). Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji-F dilanjutkan dengan t-test. Berdasarkan uji normalitas data satu kelas dengan menggunakan uji liliefors diperoleh nilai sebelum menggunakan strategi (pretest) dengan Lhitung < Ltabel (0,1605 < 0,1618) dan nilai sesudah menggunakan strategi (posttest) dengan Lhitung < Ltabel (0,1230 < 0,1618) berdistribusi normal. Dari hasil pengujian homogenitas menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,20 dan Ftabel sebesar 1,89 dengan taraf signifikan α=0,05 karena Fhitung < Ftabel maka hipotesis (H0) diterima sehingga bersifat homogen. Pada pengujian hipotesis diperoleh harga thitung 4,71 dan ttabel 1,46 pada α=0,05 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PAILKEM terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 8 subtema 1 di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 20 Cibubur Jakarta