Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh strategi PAILKEM
terhadap hasil belajar siswa kelas V tema 8 subtema 1 di Sekolah Dasar Islam Al-
Azhar 20 Cibubur Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Sampel
penelitian ini berjumlah 29 siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang
digunakan adalah teknik sampel sederhana.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi ekperimen dengan
desain satu kelompok atau satu kelas (One-Group Pretest-Posttest desaign). Setelah
data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas menggunakan uji
liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji-F dilanjutkan dengan t-test.
Berdasarkan uji normalitas data satu kelas dengan menggunakan uji liliefors
diperoleh nilai sebelum menggunakan strategi (pretest) dengan Lhitung < Ltabel (0,1605
< 0,1618) dan nilai sesudah menggunakan strategi (posttest) dengan Lhitung < Ltabel
(0,1230 < 0,1618) berdistribusi normal. Dari hasil pengujian homogenitas
menggunakan uji F diperoleh Fhitung sebesar 1,20 dan Ftabel sebesar 1,89 dengan taraf
signifikan α=0,05 karena Fhitung < Ftabel maka hipotesis (H0) diterima sehingga
bersifat homogen. Pada pengujian hipotesis diperoleh harga thitung 4,71 dan ttabel 1,46
pada α=0,05 maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi PAILKEM terhadap hasil belajar
siswa kelas V tema 8 subtema 1 di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 20 Cibubur Jakarta
|