Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan hipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPS
siswa dengan menggunakan metode Quiz Team dengan metode Modeling The
way”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cakung Timur 06 Pagi pada semester
genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan menggunakan sampel
jenuh dengan mengambil sebanyak 76 siswa dari populasi sebanyak 74 siswa
yang terdiri dari 2 kelas.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membedakan 2
kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen I menggunakan metode Quiz
Team dan kelompok eksperimen II menggunakan metode Modeling The Way.
Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen
terlebih dahulu diuji cobakan kepada 39 siswa kelas IV di SDN Cakung Timur 06
Pagi.
Dari uji validitas hasil belajar IPS siswa dengan rumus Point Biserial didapat 26
butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan
uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji
homogenitas menggunakan uji fisher. Karena Lhitung=0,108<0,144=Ltabel untuk
kelompok eksperimen I dan Lhitung=0,0126<0,144=Ltabel untuk kelompok
eksperimen II, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal.
Untuk uji homogenitas, karena Fhitung< Ftabel (1,193<1,725), maka disimpulkan
varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang
homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung=2,352>1,999=ttabel maka
H0 ditolak.
Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar IPA siswa dengan menggunakan metode Quiz Team dengan metode
Modeling The Way di SDN Cakung Timur 06 Pagi.
|