Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan metode Quiz Team dengan metode Modeling The way”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cakung Timur 06 Pagi pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan menggunakan sampel jenuh dengan mengambil sebanyak 76 siswa dari populasi sebanyak 74 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan membedakan 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen I menggunakan metode Quiz Team dan kelompok eksperimen II menggunakan metode Modeling The Way. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 40 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji cobakan kepada 39 siswa kelas IV di SDN Cakung Timur 06 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPS siswa dengan rumus Point Biserial didapat 26 butir soal yang valid dan reliabel. Sebelum data dianalisis, sebelumnya dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Karena Lhitung=0,108<0,144=Ltabel untuk kelompok eksperimen I dan Lhitung=0,0126<0,144=Ltabel untuk kelompok eksperimen II, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, karena Fhitung< Ftabel (1,193<1,725), maka disimpulkan varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung=2,352>1,999=ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan metode Quiz Team dengan metode Modeling The Way di SDN Cakung Timur 06 Pagi.