Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan
hasil belajar IPA siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi
pembelajaran learning starts with a question dan strategi pembelajaran question
student have. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat
perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran
learning starts with a question dengan strategi pembelajaran question student
have”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 04 Pagi pada semester
genap tahun pelajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan
pendekatan kuantitatif. Seluruh siswa dijadikan sampel penelitian (sampel jenuh)
dari jumlah populasi 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Uji instrumen penelitian
dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pagi kepada 35 siswa kelas IV.
Instrumen dalam penelitian ini berupa tes pokok bahasan perubahan kenampakan
permukaan bumi dan benda langit, yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan
pilihan jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata x1 = 81,75 dan nilai
rata-rata x2 = 76. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t, lalu thitung diperoleh
sebesar 2,323. Dengan db sebesar 62(32+32-2) maka diperoleh ttabel pada signifikan α
= 0,05 sebesar 1,999 karena thitung ϒ ttabel maka H0 ditolak. Sehingga dapat
disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dari strategi pembelajaran
learning starts with a question dan strategi pembelajaran question studen have
kelas IV SDN Lubang Buaya 04 pagi.
|