Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPA siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran learning starts with a question dan strategi pembelajaran question student have. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran learning starts with a question dengan strategi pembelajaran question student have”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 04 Pagi pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Seluruh siswa dijadikan sampel penelitian (sampel jenuh) dari jumlah populasi 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Uji instrumen penelitian dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Wetan 02 Pagi kepada 35 siswa kelas IV. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes pokok bahasan perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit, yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata x1 = 81,75 dan nilai rata-rata x2 = 76. Setelah itu dilakukan perhitungan uji-t, lalu thitung diperoleh sebesar 2,323. Dengan db sebesar 62(32+32-2) maka diperoleh ttabel pada signifikan α = 0,05 sebesar 1,999 karena thitung ϒ ttabel maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dari strategi pembelajaran learning starts with a question dan strategi pembelajaran question studen have kelas IV SDN Lubang Buaya 04 pagi.