Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dengan Examples Non Examples. Penelitian ini dilakukan di SDN Jatimakmur V Bekasi, pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 60 orang siswa dari kelas IVA dan IV C. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas IVA dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan 30 siswa kelas IVC dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Penilitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment. Instrumen tes dalam penelitian berupa tes pokok bahasan “ Sumber Daya Alam” yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda dengan 4 option jawaban yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat, kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) diperoleh thitung=2,557 dengan taraf signifikan 𝛼𝛼=0,01 dan n=30 dan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples diperoleh thitung=2,557 dengan taraf signifikan 𝛼𝛼=0,01 dan n=30. Kedua kelompok tersebut dinyatakan berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh fhitung= 1,27 dan ftabel= 2,42 dengan taraf signifikan 𝛼𝛼=0,05 dengan dk pembilang = 29 dan dk penyebut = 29. Karena fhitung < ftabel, maka penelitian ini dapat disimpukan bahwa kedua varians tersebut homogen, hasil pengujian hipotesis ternyata thitung=2,557 > ttabel=1,671 maka diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Jatimakmur V Bekasi.
|