Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar IPS siswa. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Hasil Belajar IPS siswa”. Metode yang peneliti gunakan adalah quasi eksperimen. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada subyek penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus point biserial correlation didapat 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20. Uji normalitas hasil belajar IPS siswa menggunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan normalitas untuk kelompok yang menggunakan model pembelajaran Pair Checks di peroleh harga Lhitung untuk kelas eksperimen sebesar 0,1259. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol diperoleh harga Lhitung sebesar 0,1120. Ltabel pada taraf signifikan α = 0,05 untuk n = 30 adalah 0,161, karena Lhitung pada kedua hasil pengujian diatas lebih kecil dari Ltabel (0,161). Maka dengan demikian populasi berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung sebesar 1,21 sementara Ftabel sebesar 1,86. Oleh karena Fhitung = 1,21 < 1,86 = Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data memiliki varians yang homogen Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,971 pada taraf signifikansi = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) 58 didapat ttabel = 1,671 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian H1 diterima yang menyatakan bahwa ada Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks terhadap hasil belajar IPS siswa