Abstrak  Kembali
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Concept Sentence. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar siswa SD kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Cibubur 04 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 74 siswa dari 2 kelas yang keseluruhannya diteliti. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan membedakan 2 kelompok yang diteliti yaitu kelompok eksperimen A diajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dan kelompok eksperimen B diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Instrumen penelitian berupa pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Instrumen terlebih dahulu diuji kepada 40 siswa kelas IV di SDN Cibubur 05 Pagi. Dari uji validitas hasil belajar IPS siswa dengan rumus korelasi poin biserial didapat 20 butir soal yang valid. Uji reliabilitas dengan K-R 20 didapat 𝑟𝑟hitung= 0,791 > 0,312 maka instrumen reliabel. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Uji Lilliefors dan Uji Homogenitas menggunakan Uji Fisher. Karena Lhitung < Ltabel yaitu 0,0745 < 0,1456 untuk kelompok eksperimen A dan Lhitung < Ltabel yaitu 0,0862 < 0,1456 untuk kelompok eksperimen B, maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas, karena Fhitung < Ftabel (1,125 < 1,72), maka disimpulkan varians kedua kelompok sama, berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, dilanjutkan dengan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan thitung > ttabel (2,470 > 2,000), yang berarti H0 ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Concept Sentence terhadap hasil belajar siswa SD kelas IV mata pelajaran IPS di SDN Cibubur 04 Pagi