Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan model Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I SDN Cempaka Baru 01 Pagi, semester II tahun pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Sampel penelitian ini meliputi 30 siswa kelas I Dewisartika dan 30 siswa kelas I RA Kartini yang diambil melalui tehnik sampel jenuh.Instrumen penelitian adalah pilihan ganda dengan tiga pilihan jawaban, sebelum digunakan instrumen di Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation diperoleh 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 1,0197 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson) dengan Hasil diperoleh pada kelas eksperimen I Lhitung = 0,1517 dan pada kelas eksperimen II Lhitung = 0,1015 Ltabel = 0,161 pada taraf signifikan maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,844 dan nilai Ftabel = 1,8585 maka kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji –t maka diperoleh thitung = 8,91 sedangkan ttabel = 2,002. Karena thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar Membaca-Menulis Permulaan Antara Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Model Struktural Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I Di SDN Cempaka Baru 01 Pagi.