Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari
penggunaan Teknik Bercerita Terhadap Hasil Belajar Mengarang Bahasa
Indonesia Di Kelas III SDN Karang Satria 01 Bekasi. Pada semester II
tahun ajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini berjumlah 28 siswa dengan satu kelas di
kelas III C. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan korelasi
deskriptif kuantitatif.
Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas,
dilanjutkan dengan uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan
diperoleh varians nilai pretest 35,95 dan varians nilai posttest 35,65, dan
hasil perhitungan uji homogenitas didapat ≤ (1,008 ≤
1,904).
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji – t
dan didapat =5,6265. Yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan
Teknik Bercerita Terhadap Hasil Belajar Mengarang Bahasa Indonesia di
kelas III SDN KARANG SATRIA 01 BEKASI
|