Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh
Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN
Kedoya Utara 09 Pagi Jakarta Barat. Pada Tahun Ajaran 2014-2015.
Metode peneltian yang digunakan adalah metode true eksperimen.
Populasi berjumlah 84 siswa dan sampel penelitian 70 siswa yang terdiri dari
kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple
Random Sampling.Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda.
Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu di uji coba yaitu uji validitas
dengan rumus Korelasi Point Biserial dari 40 soal didapat 30 soal yang valid, dan
uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel (0,879 > 0,304), maka
instrumen dinyatakan reliabel.
Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors
pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1156 < 0,1498 Ltabel dan kelas kontrol
diperoleh Lhitung 0,1029 < 0,1498 Ltabel dengan signifikan α = 0,05 dan n = 35,
maka sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas
menggunakan rumus Fisher didapat Fhitung 1,287 < 1,776 Ftabel dengan taraf
signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 34, Fhitung maka
populasi mempunyai varian yang sama/ homogen. Uji hipotesis menggunakan
Uji-t, diperoleh hasil thitung 3,992 > 1,669 ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan
dk = 68 maka H0 ditolak dan H1 di terima.
|