Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Kedoya Utara 09 Pagi Jakarta Barat. Pada Tahun Ajaran 2014-2015. Metode peneltian yang digunakan adalah metode true eksperimen. Populasi berjumlah 84 siswa dan sampel penelitian 70 siswa yang terdiri dari kelas IV A dan IV B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling.Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu di uji coba yaitu uji validitas dengan rumus Korelasi Point Biserial dari 40 soal didapat 30 soal yang valid, dan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel (0,879 > 0,304), maka instrumen dinyatakan reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung 0,1156 < 0,1498 Ltabel dan kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,1029 < 0,1498 Ltabel dengan signifikan α = 0,05 dan n = 35, maka sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan rumus Fisher didapat Fhitung 1,287 < 1,776 Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang dan dk penyebut 34, Fhitung maka populasi mempunyai varian yang sama/ homogen. Uji hipotesis menggunakan Uji-t, diperoleh hasil thitung 3,992 > 1,669 ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 68 maka H0 ditolak dan H1 di terima.