Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar Ilmu pengetahuan alam (IPA) siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem posing dengan siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning kelas IV di SDN Kalijaya 09 Cikarang Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 20014/2015. Metode penilitian yang digunakan adalah Quasi experiment atau eksperimen semu yaitu metode yang tidak memungkinkan penelitian melakukan pengontrolan penuh terhadap variabel dan kodisi eksperimen. Siswa terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem posing dengan siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem based learning, dengan tujuan untuk menyelidiki kemungkinan sebab-akibat antara variabel bebas dan variabel terkait. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Kalijaya 09 Cikarang Barat, dengan jumlah keseluruhan siswa kelas IV adalah 60 siswa dalam dua kelas. Pada kelas VI A dijadikan kelas eksperimen1 dengan menggunakan model Problem posing sedangkan untuk kelas IV B dijadikan kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model Problem based learning di SDN Kalijaya 09 Cikarang Barat. Instrumen soal yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan tujuan untuk mengukur hasil belajar siswa yang terdiri dari 40 butir soal. Soal yang diuji cobakan berjumlah 40 soal dan soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian berjumlah 30 soal, yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Uji validitas mengunakan rumus kolerasi point biseral diperoleh soal 30 soal vaid dan uji relialitas dengan rumus KR-20 diperoleh . Pada analisis data uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk uji normalitas. Dari kelas eksperimen 1 diperoleh X2 = 6,33 berarti data berdistribusi normal sedangkan untuk eksperimen 2 diperoleh maka data berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh maka Ho ditolak dan terima H1. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA melalui model problem posing dangan model problem based learning kelas IV SDN Kalijaya 09 Cikarang Barat