Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya
perbedaan hasil belajar Ilmu pengetahuan alam (IPA) siswa yang menggunakan
model pembelajaran Problem posing dengan siswa yang menggunakan Model
Pembelajaran Problem Based Learning kelas IV di SDN Kalijaya 09 Cikarang
Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 20014/2015.
Metode penilitian yang digunakan adalah Quasi experiment atau
eksperimen semu yaitu metode yang tidak memungkinkan penelitian melakukan
pengontrolan penuh terhadap variabel dan kodisi eksperimen. Siswa terbagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang diberi perlakuan dengan
menggunakan model pembelajaran Problem posing dengan siswa yang diberikan
perlakuan model pembelajaran Problem based learning, dengan tujuan untuk
menyelidiki kemungkinan sebab-akibat antara variabel bebas dan variabel terkait.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Kalijaya
09 Cikarang Barat, dengan jumlah keseluruhan siswa kelas IV adalah 60 siswa
dalam dua kelas. Pada kelas VI A dijadikan kelas eksperimen1 dengan
menggunakan model Problem posing sedangkan untuk kelas IV B dijadikan kelas
eksperimen 2 dengan menggunakan model Problem based learning di SDN
Kalijaya 09 Cikarang Barat. Instrumen soal yang digunakan berupa soal pilihan
ganda dengan tujuan untuk mengukur hasil belajar siswa yang terdiri dari 40 butir
soal. Soal yang diuji cobakan berjumlah 40 soal dan soal yang digunakan sebagai
instrumen penelitian berjumlah 30 soal, yang sebelumnya telah diuji validitas dan
reliabilitas.
Uji validitas mengunakan rumus kolerasi point biseral diperoleh soal 30
soal vaid dan uji relialitas dengan rumus KR-20 diperoleh
. Pada analisis data uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk uji
normalitas. Dari kelas eksperimen 1 diperoleh X2 = 6,33
berarti
data berdistribusi normal sedangkan untuk eksperimen 2 diperoleh
maka data berdistribusi normal. Uji hipotesis menggunakan uji-t
diperoleh maka Ho ditolak dan terima
H1. Maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPA melalui model
problem posing dangan model problem based learning kelas IV SDN Kalijaya 09
Cikarang Barat
|