Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaanmodel pembelajaran Cycle Learning dengan model pembelajaran Problem Solvingterhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat. Pada tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakanadalah metodequasy eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB yang berjumlah 70 siswa . Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian hasil belajar berupa tes obyektif pilihan ganda. Sebelum digunakan instrumen terlebih dahulu di uji coba yaitu menggunakan uji validitas dengan rumusKorelasi Point Biserialyang diuji 40 soal dan didapat 30 soal valid, dan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung>rtabel(0,800 >0,308), maka instrumen dinyatakan reliabel. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan ujililliefors pada model pembelajaran Cycle Learning didapat Lhitungttabel(2,453> 1,669) pada taraf signifikansi ߙ=0,05dan derajat kebebasan (dk) = 68, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaanyang signifikkan penggunaan model pembelajaran Cycle Learning dengan model pembelajaran Problem Solvingterhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cengkareng Barat 03 Pagi Jakarta Barat.