Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilakasanakan di SDN Karang Anyar 05 Pagi Jakarta Pusat di kelas V semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, sampel yang digunakan sebnayak 60 siswa diambil dengan teknik sampel jenuh. Uji validitas menggunakan rumus korelasi point biserial diperoleh soal 30 soal valid dan uji reliabilitasnya dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung = 0,900 > rtabel = 0,361. Pada analisis data uji prasyarat menggunakan liliefors untuk uji normalitas. Dari kelas eksperimen 1 diperoleh Lhitung = 0,159 < Ltabel = 0,161 berarti berdistribusi normal sedangkan kelas eksperimen 2 Lhitung = 0,111 < Ltabel = 0,161 berarti berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 58 adalah 9,705 karena thitung > ttabel = 9,705 > 2,002 = maka H1 terima. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Role Playing.