Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbandingan antara model pembelajaran Complete Sentence dengan model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IIdi SDN Karawaci Baru 7 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dimana penggunaan metode tersebut untuk mencari perbandingan antara model pembelajaran Complete Sentence dengan model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar PKn siswa kelas II. Populasi penelitian berjumlah 36 siswa untuk kelas A dan 36 siswa untuk kelas B sehingga total keseluruhan 72 siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.Data hasil belajar PKn didapatkan dari uji coba instrument yang dilakukan di SDN Cimone 6 dengan jumlah siswa 31 siswa. Soal uji coba instrument sebanyak 30 butir soal dan setelah dilakukan perhitungan uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial didapatkan 20 butir soal valid dan 10 butir soal tidak valid. Dan dilakukan perhitungan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel = 0,865 > 0,355 maka instrument dikatakan reliabel.Dari hasil perhitungan uji persyaratan analisis data, uji normalitas menggunakan uji liliefors, kelas yang menggunakan model pembelajaran Complete Sentence diperoleh Lhitung sebesar 0,139 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Picture And Picture diperoleh Lhitung sebesar 0,145. Ltabel = 0,148 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 36, maka data kedua kelas tersebut berdistribusi normal. Dan uji homogenitas menggunakan fisher diperoleh Fhitung = 1,546 <1,997 Ftabeldengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk pembilang = 35 dan dk penyebut = 35. Karena Fhitung< Ftabel, maka data dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelas tersebut homogen.Setelah dilakukan perhitungan uji-t, lalu thitung 2,652 >1,997 ttabel. Dari hasil uji-t maka dapat disimpulkan terdapat perbandingan antara model pembelajaran Complete Sentence dengan model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar PKn siswa di SDN Karawaci Baru 7 Tangerang.