Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
hasil belajar siswa antara penggunaan startegi Giving Question And Getting
Answer dengan strategi Team Quiz pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Citeureup 06 kelas IV pada semester II tahun ajaran 2014-
2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
pendekatan Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah
sampel jenuh. Sampel ini meliputi 80 siswa. Kelas IV A (40 siswa) dan IV B (40
siswa) di SDN Citeureup 06 yang diambil dengan metode Quasi Eksperimen yaitu
untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara penggunaan strategi Giving
Question And Getting Answer dengan strategi Team Quiz terhadap hasil belajar
IPA siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang
berjumlah 30 soal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa
antara pengunaan strategi Giving Question And Getting Answer dengan strategi
Team Quiz pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Citeureup 06 Bogor. Hal ini
dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang di dapat thitung =
2,771 dan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 78
sebesar 1,994 yang menunjukkan thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Rata-rata hasil
belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Giving Question And
Getting Answer (78,82) lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar
siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Team Quiz (69,62).
|