Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan penggunaan metode Planted Question dengan index card match terhadap hasil belajar IPA. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada perbedaan penggunaan metode Planted Question dengan metode index card match terhadap hasil belajar IPA siswa”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanah Baru 02 Depok pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di SDN Tanah Baru 02 Depok yaitu siswa kelas III A dan kelas III B yang berjumlah 60 orang siswa, dan seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel.
Penelitian ini menggunakan metode desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point biserial. Koefisien reliabilitas tes 0,936 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson).
Hasil Penelitian ini menggunakan uji t, diperoleh thitung = 16,105 ttabel = 2,0021 pada α = 0,05 dan db = 58. Ternyata thitung = 16,105 > ttabel = 2,0021. Berarti thitung >ttabel menyatakan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penggunaan metode Planted Question dengan metode index card match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Tanah Baru 02 Depok
|