Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Inkuiri Terstruktur terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan, pada semester genap tahun pelajaran 2014-2015 pada bulan Maret s/d Mei 2015 SDN Kondangjaya III Karawang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV SDN Kondangjaya III Karawang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh, digunakan dua kelompok penelitian yang merupakan anggota populasi, yaitu kelas IV A berjumlah 34 siswa dan IV B berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Instrumen tes pilihan ganda berjumlah 27 butir soal.
Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil belajar kelompok eksperiman lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, yaitu: 70,8 pada kelompok eksperimen dan 59,3 pada kelompok kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t, setelah syarat normalitas distribusi dan homogenitas variansi kedua kelompok terpenuhi. Diperoleh nilai t hitung = 2,30, sedangkan t tabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (db = 66) adalah 1,6. Karena nilai t hitung = 2,30 > t tabel = 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Inkuiri Terstruktur terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Kondangjaya III Karawang
|