Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi active learning tipe poster session terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kalibaru 4 Cilodong Kota Depok. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalibaru 4 kelas V A dan Kelas V B Semester II Tahun Pelajaran 2014-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini meliputi 32 siswa kelas V A dan 33 siswa kelas V B di SDN Kalibaru 4 Cilodong Kota Depok. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 28 soal dengan empat pilihan jawaban. Uji hipotesis menggunakan uji-t yang sebelumnya telah memenuhi uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas, diperoleh thitung = 2,576, ttabel = 1,998 pada taraf signifikan 5%, dk = 63. Ternyata thitung lebih besar dari ttabel (2,576 > 1,998), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi active learning tipe poster session terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN Kalibaru 4 Cilodong Kota Depok.
|