Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan model pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah quasy experimental. Hipotesis yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah: “terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan model pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 71 orang siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan istilah sensus. Uji coba instrumen di SDN Ciracas 04 Pagi Jakarta Timur kepada 37 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi Point Biserial didapat 29 soal yang valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Kuder dan Richardson (KR-20) diperoleh rhitung = 0,8280 > 0,325 rtabel, maka instrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu, uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogen menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen 1 pengujian normalitas didapat Lhitung = 0,1234 < Ltabel 0,1498 dan kelas eksperimen 2 pengujian normalitas didapat Lhitung 0,1149 < Ltabel 0,1498, dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 35 untuk kelas eksperimen 1 dan n = 35 untuk kelas eksperimen 2, maka dapat disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,138 < Ftabel 1,776 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk pembilang 34 dan dk penyebut 34, maka dapat disimpulkan varians kedua kelas sama berarti sampel berasal dari populasi yang homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,445 > ttabel 1,998 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 68, maka H0 ditolak yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan model pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur.