Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil
belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan model
pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi
Jakarta Timur.
Metode yang digunakan adalah quasy experimental. Hipotesis yang
ditunjukkan dalam penelitian ini adalah: “terdapat perbedaan hasil belajar IPS
yang menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan model
pembelajaran Card Sort pada siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi
Jakarta Timur”.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur pada
semester 2 tahun ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini berjumlah 71 orang
siswa yang seluruhnya diteliti. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik
sampling jenuh dengan istilah sensus. Uji coba instrumen di SDN Ciracas 04 Pagi
Jakarta Timur kepada 37 siswa. Uji validitas instrumen dengan rumus Korelasi
Point Biserial didapat 29 soal yang valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus
Kuder dan Richardson (KR-20) diperoleh rhitung = 0,8280 > 0,325 rtabel, maka
instrumen reliabel. Uji persyaratan yaitu, uji normalitas menggunakan uji Liliefors
dan uji homogen menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen 1 pengujian
normalitas didapat Lhitung = 0,1234 < Ltabel 0,1498 dan kelas eksperimen 2
pengujian normalitas didapat Lhitung 0,1149 < Ltabel 0,1498, dengan taraf
signifikansi α = 0,05 dan n = 35 untuk kelas eksperimen 1 dan n = 35 untuk kelas
eksperimen 2, maka dapat disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal.
Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,138 < Ftabel 1,776 dengan taraf
signifikansi α = 0,05 dengan dk pembilang 34 dan dk penyebut 34, maka dapat
disimpulkan varians kedua kelas sama berarti sampel berasal dari populasi yang
homogen.
Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 4,445 > ttabel 1,998 dengan
taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) 68, maka H0 ditolak yang
menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang menggunakan
model pembelajaran Take and Give dengan model pembelajaran Card Sort pada
siswa kelas V A dan V B SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur.
|