Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh Metode GeMA (Games, Manipulatives, and Activities) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang Buaya 03 Pagi Jakarta Timur kelas III pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode True experimental design. Sampel yang diteliti sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian kemampuan pemecahan masalah matematis berupa tes uraian. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment diperoleh 8 soal valid dan yang tidak valid 2 soal. Uji reliabilitas dengan menggunakan ݎଵଵ(Alpha) diperoleh ݎଵଵ= 0,823 > 0,374 ݎ୲ୟୠୣ୪sehingga instrumen penelitian ini dapat dikatakan reliabel dan layak digunakan. Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh ܮ୦୧୲୳୬୥= 0,114 < 0,151 = ܮ୲ୟୠୣ୪sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh ܮ୦୧୲୳୬୥= 0,143 < 0,151 = ܮ୲ୟୠୣ୪dapat disimpulkan bahwa kedua sampel dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh ܨ଴,ଽହ;(ଷଷ,ଷଷ)= 0,563 < 1,095 < 1,775 = ܨ଴,ହ;(ଷଷ,ଷଷ)hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t didapat ݐ୦୧୲୳୬୥= 3,023 > 1,669 = ݐ௧௔௕௘௟dengan taraf signifikansi ߙ= 0,05. Hal ini berarti tolak ܪ଴. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan dari Metode GeMA (Games, Manipulatives, and Activities) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dengan pengaruh sebesar 0,717.