Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Pengaruh
Metode GeMA (Games, Manipulatives, and Activities) terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lubang
Buaya 03 Pagi Jakarta Timur kelas III pada semester genap tahun pelajaran
2014/2015.
Penelitian ini menggunakan metode True experimental design. Sampel
yang diteliti sebanyak 68 siswa yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34
siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian kemampuan pemecahan masalah
matematis berupa tes uraian. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas.
Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment diperoleh 8 soal valid dan
yang tidak valid 2 soal. Uji reliabilitas dengan menggunakan ݎଵଵ(Alpha)
diperoleh ݎଵଵ= 0,823 > 0,374 ݎ୲ୟୠୣ୪sehingga instrumen penelitian ini dapat
dikatakan reliabel dan layak digunakan.
Uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji
homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen
diperoleh ܮ୦୧୲୳୬= 0,114 < 0,151 = ܮ୲ୟୠୣ୪sedangkan untuk kelas kontrol
diperoleh ܮ୦୧୲୳୬= 0,143 < 0,151 = ܮ୲ୟୠୣ୪dapat disimpulkan bahwa kedua sampel
dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh ܨ,ଽହ;(ଷଷ,ଷଷ)= 0,563 < 1,095 < 1,775 = ܨ,ହ;(ଷଷ,ଷଷ)hal ini berarti populasi dua data
tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis menggunakan
uji-t didapat ݐ୦୧୲୳୬= 3,023 > 1,669 = ݐ௧dengan taraf signifikansi ߙ= 0,05.
Hal ini berarti tolak ܪ.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang
signifikan dari Metode GeMA (Games, Manipulatives, and Activities) terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa dengan pengaruh sebesar
0,717.
|