Abstrak  Kembali
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Spiral dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Jatirangga I Bekasi pada semester 2 tahun pelajaran 2014-2015. Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah sebanyak 41 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dimana setiap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar kuesioner keaktifan siswa, hasil wawancara, hasil catatan lapangan, tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar matematika, pada pra siklus yang hanya mencapai56,76% dengan nilai rata-rata 56,22 kemudian ketuntasan meningkat pada siklus I menjadi 67,50% dengan nilai rata-rata 75,43 dan mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan pada siklus II dengan ketuntasan mencapai 82,05% dengan nilai rata-rata 86,32. Selain itu keaktifan siswa mengalami peningkatan yaitu dilihat dari kuesioner keaktifan siswa pra siklus presentasenya sebesar 51,35% siklus I sebesar 65,00% dan mengalami peningkatan menjadi 79,49% pada siklus II. Selain itu dapat dilihat peningkatan keaktifan dari lembar observasi yaitu untuk pra siklus presentasenya sebesar 46,67%, siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II meningkat 86,67%. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa permainan edukatif prakondisi person to person dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan keaktifan siswa kelas IV SDN Jatirangga I Bekasi.