Abstrak  Kembali
Penelitian yang digunakan adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV sekolah dasar melalui metode teams games tournament jenis permainan chembo yang diadakan di SDN Karangpatri 05 Cikarang, tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di SDN Karangpatri 05 Cikarang dengan jumlah 24 siswa (10 laki-laki dan 14 perempuan). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, yang mana prosedur pelaksanaannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Spiral Kemmis dan Mc.Taggart dimana pada setiap siklus terdiri atas empat kegiatan pokok yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil evaluasi yang diberikan pada tahap akhir pembelajaran setiap siklus. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 66,91 siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 70,83% dan yang belum tuntas mencapai 7 siswa atau 29,16%. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 23,13%, yaitu dengan nilai rata-rata siswa 90,04 siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa atau 87,5%, dan yang belum tuntas sebanyak tiga siswa atau 12,5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan melalui metode teams games tournament jenis permainan chembo hasil belajar matematika di kelas IV SDN Karangpatri 05 Cikarang meningkat.