Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Questions stundents Have dengan Metode Team Game Tournament dan questions students have dalam mata pelajaran PKn kelas III SDN Cempaka Putih Barat 20 Pagi Jakarta pusat , kelas III semester II tahun pelajaran 2013/2014.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban, sebelum diberikan kepada objek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Sampel penelitian ini meliputi 28 siswa kelas III-A dan 25 siswa kelas III-B yang diambil melalui sampe jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Uji validitas dengan rumus Point Biserial Correlation didapat 20 soal yang valid dan 20 soal yang tidak valid, sedangkan uji reliabilitas tes 2,697 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson).
Hasil pengujian normalitas menunjukkan bahwa diperolaeh Ltabel pada taraf signifikan 𝛼=0,05 untuk n = 30 adalah 0,1619 dan diperoleh pada kelas eksperimen Lhitung = 0,1087 sedangkan Ltabel pada taraf signifikan 𝛼=0,05adalah 0,1499 dan diperoleh pada kelas kontrol Lhitung = 0,1364 maka kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan bahwa diperoleh Fhitung = 1,29 dan nilai Ftabel = 1,83 dengan taraf signifikan 𝛼=0,05. Karena Fhitung< Ftabel maka varians kedua kelompok adalah homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis data maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t maka diperoleh thitung sebesar 2,14 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 𝛼=0,05 adalah 2,001. Karena thitung lebih besar dari ttabel 2,14 > 2,001 maka H0 ditolah dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Questions stundents Have dengan Metode Team Game Tournament dan questions students have dalam mata pelajaran PKn kelas III SDN Cempaka Putih Barat 20 Pagi Jakarta pusat.
|