Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Think Talk Write. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh penggunaan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar IPA”. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Baru 02 Pagi Jakarta Timur pada semester II tahun pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Baru 02 Pagi yaitu siswa kelas IV A dan kelas IV B yang berjumlah 60 orang siswa, dan seluruhnya diteliti. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif pendekatan Quasi Experimental Design. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 40 soal dengan empat pilihan jawaban. Validitas tes dihitung dengan menggunakan rumus korelasi point biserial. Koefisien reliabilitas tes 0.85 ini dihitung dengan rumus K-R 20 (Kuder dan Richardson). Uji hipotesis menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,097 ttabel = 1,681 pada α = 0,05 dan db = 58. Ternyata thitung = 2,097 > ttabel = 1,681. Berarti thitung > ttabel menyatakan H0 ditolak H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Baru 02 Pagi Jakarta Timur