Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tiadanya hubungan konsep diri dengan kualitas mengajar guru di SDN Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Terdapat hubungan konsep diri dengan kualitas mengajar guru di SDN Wanaherang Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor”. Penelitian ini dilaksanakan di gugus Wanaherang Desa Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru yang terdiri dari 13 orang guru laki-laki dan 17 orang guru perempuan. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, maka semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 30 orang responden. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan data tentang kualitas mengajar guru dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 60. Rentang data 35, banyak kelas 6 dan panjang kelas 6. Dari data yang tersedia diperoleh mean 83,30 simpangan baku 10,18 median 86,5 dan modus 91,95. Kemudian data tentang konsep diri dengan skor tertinggi 99 dan skor terendah 70. Rentang data 29, banyak kelas 6 dan panjang kelas 5. Dari data yang didapat mean 88,00 ,simpangan baku 9,76 ,median 90,75 dan modus 93,05. Dari perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,58 kemudian dilanjutkan dengan uji t, karena thitung = 3,79>1,697= ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05, maka hipotesis nol ditolak. Hal ini berati ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kualitas mengajar guru. Kemudian dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,3364. Hal ini berati bahwa konsep diri memberi kontribusi sebesar 33% terhadap kualitas mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian yang sebagaimana telah dipaparkan, maka terbukti bahwa ada hubungan konsep diri dengan kualitas mengajar guru di SDN Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor