Abstrak  Kembali
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam khsusnya pada materi tempat hidup mahkluk hidup melalui penggunaan pendekatan Cooperative Learning metode Jigsaw di SDN RAWASARI 01 Pagi semester genap tahun pelajaran 2013/2014 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Jigsaw melalui pendekatan Cooperative Learning pada siswa kelas II SDN RAWASARI 01 Pagi. Metode jigsaw adalah suatu model pangajaran yang bersifat teacher center yaitu bersifat pada guru. Metode ini menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan yang terstruktur atau pola kegiatan yang sesuai dengan arahan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus terhadap 30orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Setelah penelitian dilakukan, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran ilmu pengetahuan alamdalam pokok bahasan tempat hidup mahkluk hidup menjadi meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw melalui pendekatan cooperative learning dengan nilai rata-rata dari 61,25 pada siklus I menjadi 76,25 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil observasi siswa dan guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I guru sebesar 65 % dan siswa 60 % sedangkan pada siklus II mengalami perubahan yang baik yaitu guru sebesar 81 % dan siswa 80 %, oleh karena itu adanya peningkatan hasil belajar siswa maupun aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II.Dalam usaha yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran secara langsung melalui pendekatan cooperative learning sangat membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran terutama saat melakukan peragaan dengan media atau bahan sebagai media belajar siswa seperti, gambar-gambar hewan,tumbuhan,serta tempat hidupnya