Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam khsusnya pada materi tempat hidup mahkluk hidup melalui penggunaan
pendekatan Cooperative Learning metode Jigsaw di SDN RAWASARI 01 Pagi
semester genap tahun pelajaran 2013/2014
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran
Jigsaw melalui pendekatan Cooperative Learning pada siswa kelas II SDN
RAWASARI 01 Pagi. Metode jigsaw adalah suatu model pangajaran yang
bersifat teacher center yaitu bersifat pada guru. Metode ini menunjang proses
belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan yang terstruktur atau pola
kegiatan yang sesuai dengan arahan guru.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus terhadap
30orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.
Setelah penelitian dilakukan, pemahaman dan hasil belajar siswa terhadap
pelajaran ilmu pengetahuan alamdalam pokok bahasan tempat hidup mahkluk
hidup menjadi meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw
melalui pendekatan cooperative learning dengan nilai rata-rata dari 61,25 pada
siklus I menjadi 76,25 pada siklus II. Sedangkan untuk hasil observasi siswa dan
guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I guru sebesar 65 % dan siswa
60 % sedangkan pada siklus II mengalami perubahan yang baik yaitu guru sebesar
81 % dan siswa 80 %, oleh karena itu adanya peningkatan hasil belajar siswa
maupun aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II.Dalam usaha yang
dilakukan peneliti dalam meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa
dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran secara langsung melalui
pendekatan cooperative learning sangat membantu guru dalam melakukan proses
pembelajaran terutama saat melakukan peragaan dengan media atau bahan sebagai
media belajar siswa seperti, gambar-gambar hewan,tumbuhan,serta tempat
hidupnya
|