Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Model Hands On dan Minds On pada siswa kelas V di SDN Suka Maju Baru 03 Depok tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart dengan menggunakan dua siklus. Prosedur pelaksanaan pada setiap siklusnya terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Suka Maju Baru 03 Depok tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari 35 siswa di antaranya 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan tes pilihan ganda dan essay yang digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan siswa dan lembar observasi yang diisi oleh kolaborator untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta interakasi guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa, dan untuk melengkapi data tersebut digunakan catatan lapangan dan bukti dokumentasi kegiatan pembelajaran IPA (Ilmu pengetahuan Alam). Hasil rata-rata tes evaluasi yang telah dilakukan siswa pada siklus I diperoleh 77,1% mendapat nilai > 70,00 dengan rata-rata kelas 71. Pada siklus II diperoleh 100 % mendapat nilai > 70,00 dengan rata-rata kelas 85,6. Maka, diakhir siklus II semua siswa sudah mencapai KKM yang diharapkan. Berdasarkan data tes evaluasi siklus I dan II, telah terjadi peningkatan, dari siklus I ke II rata-rata kelas meningkat sebesar 26,7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Hands On dan Minds On berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Suka Maju Baru 03 Depok