Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media Doll
Speak untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa
kelas I. Penelitian dilakukan di SDN Gondangdia 01 Menteng Jakarta Pusat,
Kelas 1 Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus setiap
siklusnya terdiri atas 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1
Semester II Tahun Ajaran 2012/2013 SDN Gondangdia 01 Menteng Jakarta
Pusat dengan jumlah siswa 21. Teknik pengumpulan data melalui observasi, hasil
belajar Bahasa Indonesia, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data diperiksa triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
terdapat peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa dengan
menggunakan metode Kooperatif Doll Speak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap observasi awal atau pra
siklus motivasi belajar bahasa Indonesia belum menunjukkan peningkatan,
sebagian besar siswa belum mempunyai motivasi belajar, masih banyak siswa
yang bermain-main. Pada Siklus I peneliti menggunakan media pembelajaran
kooperatif doll speak mulai terlihat beberapa siswa menunjukkan motivasi belajar
bahasa Indonesia terdapat 11 siswa menunjukan motivasi belajar meningkat
sesuai harapan dan terdapat 9 siswa motivasi belajar mulai menigkat. Pada siklus
II motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran kooperatif doll
speak telah menunjukkan peningkatan motivasi yang baik terdapat 16 siswa
meningkat sangat baik dan 5 siswa meningkat sesuai harapan, sehingga target
pencapaian telah dicapai maka penelitian dikahiri pada siklus II
Hasil peneliti ini disimpulan bahwa penggunaan media kooperatif doll speak
berhasil dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia sehingga
nantinya dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siwa kelas 1
SDN Gondangdia Menteng 01 Jakarta Pusat.
|